Apa pendapat kalian mengenai blog ini?

My Photo

My Photo
My Album
Powered By Blogger

Sabtu, 20 Februari 2010

Karya Tulis Sepeda Motor "Irfan"

DEDIKASI

Karya tulis ilmiah ini kupersembahkan kepada :

PT ASTRA HONDA MOTOR INDONESIA

Sekolah Methodist-5 Medan

Mamaku Nurmaida Sibarani

Ayah Angkatku Saut Limbong

Teman-temanku

Kakakku Tercinta : Ria Lendes Simatupang

Adik-adikku : Sarifa Marbun

Edi Siswanto Marbun

Idris Marbun

Nisa Tanjung

KATA PENGANTAR

Segala hormat, pujian dan kemuliaan hanya bagi Allah yang dengan kasih-Nya yang besar telah menyelamatkan dan memanggil serta membentuk penulis untuk menjadi hamba-Nya. Syukur bagi Allah yang memampukan penulis menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Penulis menyadari sepenuhnya karya tulis ilmiah ini dapat diselesaikan karena didalamnya melibatkan berbagai pihak. Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :

1. PT ASTRA HONDA MOTOR , yang telah menyelanggarakan lomba ini.

2. Bapak Ronny Siregar, S.Pd., selaku sebagai Guru Pembimbing saya untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dan dengan segala kerendahan hati dan kesabarannya menuntun saya untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.

3. Ev. Saut Limbong, S.Th., selaku Ayah Angkat penulis dan juga Pimpinan PKMI-10 Belawan yang telah memberikan inspirasi dan memberi teladan untuk menulis karya tulis ilmiah ini kepada penulis serta yang telah mengizinkan penulis untuk menyebarkan angket dan wawancara di sekolah yang dipimpinnya.

4. Nurmaida, selaku Ibu Kandung penulis yang selama ini telah mendoakan penulis.

5. Ria Lendes Simatupang, selaku Kakak penulis yang telah memberikan masukan dan doa kepada penulis.

6. Bapak Suryanto, S.Pd., selaku Guru Komputer penulis yang telah mengizinkan penulis untuk mencari data melalui internet.

7. Siswa SMP Kelas III PKMI-10 Belawan, selaku objek penulis untuk melakukan pengumpulan data.

8. Siswa SD Kelas VI PKMI-10 Belawan, selaku objek penulis untuk melakukan pengumpulan data.

9. Orang Tua SMP Kelas III PKMI-10 Belawan, selaku objek penulis untuk melakukan pengumpulan data.

10. Orang Tua SD Kelas VI PKMI-10 Belawan, selaku objek penulis untuk melakukan pengumpulan data.

11. Guru-guru PKMI-10 Belawan, selaku objek penulis untuk melakukan pengumpulan data.

12. Siswa Kelas XI-IPA SMA Methodist-5 Sambu Baru, selaku teman-teman sekelas penulis yang telah memotivasi penulis.

13. Semua pihak yang belum penulis sebutkan, yang telah mendukung penulis studi di PKMI-5 Sambu Baru dan selama penulisan karya tulis ilmiah ini.

Penulis tidak dapat membalas kebaikan berbagai pihak di atas, tetapi penulis mendoakan kiranya Tuhan memberkati mereka dalam kehidupan pribadi dan pelayanan mereka. Akhir kata, harapan penulis karya tulis ini agar memberikan manfaat nyata bagi para pembaca.

Medan, 6 November 2009

Irvan Siswanto Lubis


BAB 1 PENDAHULUAN

Latar Belakang Penulisan

Pada zaman sekarang ini, alat kendaraan khususnya Sepeda Motor sudah menjadi kebutuhan primer pekerja kantoran, sales, atau pekerjaan lainnya bahkan sebagian pelajar. Semua membutuhkan alat kendaraan untuk membantu mereka dalam mengejar waktu untuk sampai ke tempat mereka kerja, sekolah (tempat menuntut ilmu) dan untuk sales alat kendaraan adalah sumber mata pencarian mereka karena tanpa itu (alat kendaraan) dia tidak akan dapat menjual barang-barang jualannya sehingga dia tidak akan makan begitu juga dengan keluarga dan istrinya.

Memang pada umumnya Sepeda Motor lebih banyak dipakai oleh golongan masyarakat menengah ke bawah karena harganya yang lebih murah dan efisien dengan kantong masyarakat menengah ke bawah, sedangkan masyarakat atas lebih banyak menggunakan kendaraan beroda empat walaupun begitu mereka tetap juga memiliki Sepeda Motor untuk membantu mereka dalam urusan pekerjaan di tempat terpencil.

Sekarang ini, Sepeda Motor telah tersedia dari berbagai merek misalnya saja merek Sepeda Motor yang paling banyak dipakai oleh masyarakat sekarang adalah Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, TVS yang tersedia dari berbagai tipe dan style yang menarik peminat untuk membelinya. Jadi persaingan pasar Sepeda Motor juga semakin marak disebabkan semakin banyak produsen yang ikut di dalamnya yang membuat Sepeda Motor lebih murah serta style Sepeda Motor yang keren untuk dapat mengulingkan lawannya.

Karena semakin banyaknya persaingan yang terjadi, sehingga membuat kondisi penjualan Sepeda Motor Honda menurun. (www.petra.com).

Beranjak dari penelitian yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Petra yang mengatakan bahwa penurunan penjualan Sepeda Motor Honda disebabkan oleh desain dan model Sepeda Motor yang kurang beragam serta kurang berinovasinya pihak Sepeda Motor Honda dalam memproduksi Sepeda Motor. Saya sebagai penulis karya tulis ini ingin membuat suatu ide yang mungkin akan dapat memecahkan persoalan yang terjadi diatas.

Seperti yang kita ketahui Sepeda Motor Honda sangat terkenal karena kebandelannya dan iritnya pemakaian bahan bakar, tetapi saya selaku penulis tidak ingin membahas tentang keiritan penggunaan bahan bakar saat menggunakan Sepeda Motor Honda karena menurut saya, itu sudah menjadi keunggulan Sepeda Motor Honda jadi tidak usah dibahas melainkan kekurangan Sepeda Motor di kalangan masyarakatlah yang ingin kita bahas dan kita pecahkan bersama. Karena masyarakat adalah Raja bagi pihak Sepeda Motor Honda dan Raja itu harus dilayani dan dipuaskan kemauannya dengan sebaik mungkin.

Masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : Pengaruh kurangnya inovasi dan desain model sepeda motor Honda yang menjadikan penurunan penjualan sepeda motor Honda di pasaran nasional. Untuk itu sangat diperlukan inovasi yang terbaru untuk memecahakan persoalan diatas dan perlu juga analisa hal-hal lain yang menyebabkan penurunan penjualan sepeda motor Honda. Sehingga dapat memberikan pemahaman yang kritis dan akurat kepada PT Astra Honda Indonesia dalam memproduksi sepeda motor yang sesuai dengan selera masyarakat.

Inovasi dan ide yang ingin saya ungkapkan adalah agar bagasi Sepeda Motor Honda itu fungsinya bukan hanya sebagai tempat bahan bakar, untuk menyimpan perkakas kendaraan, jas hujan, atau kain lap tetapi lebih dari itu yaitu untuk tempat penyimpanan laptop atau notebook dan untuk tempat pengisian baterai yang multi-charger.


BAB 2 PEMBAHASAN

SEJARAH SEPEDA MOTOR

Untuk lebih memahami dan mengenal sepeda motor secara lebih mendalam, kita harus terlebih dahulu mengetahui sejarah sepeda motor tersebut. Ada banyak website yang menulis tentang sejarah sepeda motor adalah sebagai berikut :

1. Sejarah Sepeda Motor Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia.
Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia.

Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).


Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie). (www.kaskus.com)

2. Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia. Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.

Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.

Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).

Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).

Produsen terbesar

Tahun 1895, perusahaan pembuat sepeda Inggris, Triumph, memutuskan untuk juga membuat sepeda motor. Untuk itu, Triumph membeli sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller dan mempelajari bagaimana membuatnya. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama, yang menggunakan mesin Minerva buatan Belgia. Pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri, yang menyandang mesin berkekuatan 3 PK dan kecepatan maksimumnya 72 kilometer per jam.

Tahun 1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single. Sama seperti Triumph, tahun 1906, perusahaan Inggris lain, BSA, yang merupakan singkatan dari Birmingham Small Arms, memproduksi sepeda motor dengan menggunakan mesin Minerva, sebelum membuat mesin dengan kapasitas 350 cc, 500 cc, dan 595 cc sendiri.

Sampai Perang Dunia I (1914-1918), Indian Motorcycle Manufacturing Company merupakan pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Setelah Perang Dunia I, posisinya diambil alih oleh Harley Davidson sampai tahun 1928, ketika posisinya diambil alih oleh DKW (Jerman). Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.

Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan konfigurasi mesin 2 silinder horizontal berlawanan (boxer) yang ditempatkan dalam rumah mesin tunggal yang terbuat dari aluminium. BMW menggerakkan roda belakang dengan koppel (shaft drive).

Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.

Perkembangan sepeda motor di Eropa, antara lain, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor pun dibuat untuk keperluan militer. Dan, pada masa itu, BSA membuat 126.000 unit sepeda motor M20 untuk Angkatan Bersenjata Inggris. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia. Pada tahun 1946 itu juga, perusahaan pembuat perlengkapan radio Italia, Ducati, membuat mesin 50 cc, Cucciolo, yang dipasangkan pada sepeda motor. Kapasitas Cucciolo pun kemudian diperbanyak, mulai dari 60, 65, 98, sampai 125 cc. Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor Dream atau Model D, yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 98 cc. Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah. Tiga tahun kemudian, 1951, Honda memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin empat langkah, Dream E, dengan kapasitas 146 cc.

Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Sepeda motor jenis bebek ini sangat populer sehingga modelnya pun ditiru oleh perusahaan pembuat sepeda motor asal Jepang lainnya, seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki. Pada tahun 1955, Suzuki memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin berkapasitas 125 cc, empat langkah, dan 1 silinder. Namun, 10 tahun kemudian, Suzuki juga merambah ke mesin dua langkah, yang merupakan spesialisasinya.

Tahun 1955, Yamaha memproduksi YA-1, sepeda motor yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1970, 15 tahun sesudahnya, diproduksi Yamaha XS-1 yang menyandang mesin empat langkah yang berkapasitas 650 cc, dalam konfigurasi V. Kawasaki muncul agak belakangan. Kawasaki baru memproduksi sepeda motornya yang pertama, B8, pada tahun 1961. Sepeda motor keluaran Kawasaki itu menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1973 atau 12 tahun sesudahnya, Kawasaki memproduksi Kawasaki Z1, yang menyandang mesin empat langkah dengan kapasitas 900 cc.

Sosok yang menarik, mesin yang andal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.

Pada tahun 2006, perusahaan Belanda, EVA Products BV Holland, mengumumkan kehadiran sepeda motor bermesin diesel komersialnya yang pertama, Track T-800CDI. Sepeda motor itu menyandang mesin diesel 800 cc, 3 silinder, buatan Daimler. Bagaimanapun, perusahaan-perusahaan pembuat sepeda motor lain, termasuk Royal Enfield, juga memproduksi sepeda motor bermesin diesel, palingtidak sejak tahun 1965. (www.kompas.com)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEPEDA MOTOR HONDA

Dilihat dari sudut pandang

masyarakat secara keseluruhan


Data ini diperoleh dari hasil survei konsumen pengguna Honda,
Dari segi kelebihannya antara lain :

· Irit Bahan Bakar

· Sudah melegenda

· Harga jual kembali tinggi

· Spare partnya mudah di dapat – karena toko spare part banyak di berbagai tempat

· Bengkel resmi banyak – disetiap pelosok ada bengkel ahass, hampir setiap 1-2 kilometer selalu ada bengkel Ahass

· Brand Image paling bagus – diakui oleh orang – orang indonesia dan telah mendapatkan penghargaan.

· Suspensinya lebih Enak

· Teknologinya Canggih,terbukti sepedamotor pertama yang menggunakan tekhnologi injeksi.

· Top Speednya mantap!

sedangkan kekurangannya menurut masyarakat adalah :

  • Design bodynya ketinggalan jaman
  • Bebeknya ga ada double cakramnya
  • Umumnya partnya mahalitulah beberapa kelebihan dan kekurangannya, untuk merk yang lain akan saya tuliskan menyusul, dan saya akan peroleh dari masyarakat pemakai merk tersebut.


PERANAN LAPTOP / NOTEBOOK DAN MULTI-CHARGER PADA ZAMAN SEKARANG INI

Untuk dapat lebih memahami menciptakan sepeda motor yang dimana di dalamnya terdapat tempat penyimpanan laptop / notebook serta dapat digunakan untuk multi-charger pada saat mengendarai sepeda motor.

Kita harus perlu tahu dulu, seberapa multikah peranan laptop / notebook serta multi-charger di dalam kehidupan kita pada era sekarang ini? Sehingga Penulis berani membuat karya tulis ilmiah agar kiranya nanti pihak PT Astra Honda Motor Indonesia memproduksi sepeda motor yang memiliki peranan penting bagi kehidupan masyarakat yaitu dengan memindahkan kebutuhan primer masyarakat ke dalam sepeda motor sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi. Karena tidak akan mungkin penulis mau memperkenalkan sesuatu yang baru kepada pihak PT Astra Honda Motor Indonesia apabila hal yang baru itu tidak banyak peranannya bagi kehidupan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya